Merubah Kebiasaan Buruk, Berapa Lama Yang Dibutuhkan?

Setiap orang pastinya memiliki kebiasaan buruk yang ingin diubah. Namun berapa lama waktu yang diperlukan untuk merubah kebiasaan buruk tersebut?.

Terkait dengan waktu yang dibutuhkan untuk merubah kebiasaan. Sebenarnya cukup banyak penelitian yang membahas mengenai hal ini. Salah satu penelitian tersebut datang dari Psycho Cybernetics, Maxwell Maltz yang pada tahun 1960 silam.

Dalam hal ini, Maxwell sebagai penulis mengambil contoh dari pasien-pasien yang ia rawat. Ia mengungkap bahwa membutuhkan setidaknya 21 hari untuk pasiennya terbiasa dengan wajah barunya.

Penelitian Maxwell tersebutlah yang sering menjadi landasan bahwa seseorang membutuhkan setidaknya waktu 21 hari untuk dapat mengubah atau beradaptasi dengan kebiasaan barunya.

Penelitian Tentang Lama Untuk Merubah Kebiasaan Buruk

Namun selain penelitian Maxwell, terdapat sejumlah penelitian lain tentang membentuk kebiasaan baru ini. Salah satu penelitian tersebut berasal dari tahun 2009 dengan 69 orang sebagai objek penelitian.

Hasil penelitian tersebut mengungkap tidak selalu membutuhkan waktu 21 hari untuk memulai kebiasaan baru. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa rata-rata waktu untuk membentuk  kebiasaan baru adalah 66 hari. Hal tersebut juga sama halnya dengan kasus untuk menghentikan kebiasaan lama. 

Para peneliti juga menambahkan bahwa beberapa faktor seperti motivasi, kepribadian, jenis kebiasaan dan juga kondisi lingkungan dapat mempengaruhi lama waktu untuk membentuk kebiasaan.

Solusi Untuk Merubah Kebiasaan Buruk

Setelah membahas tentang berapa lama waktu untuk merubah kebiasaan atau membentuk kebiasaan baru. Mari lanjut bicara mengenai solusi untuk merubah kebiasaan lama tersebut, termasuk kebiasaan buruk.

Menurut penjelasan dari salah satu psikolog bernama Timothy Pychyl. Kebiasaan lama sebenarnya tidak dapat hilang. Anda hanya dapat menggantikannya dengan kebiasaan baru yang lebih dominan. 

Hadirnya kebiasaan baru akan menjadikan kebiasaan lama anda akan menutupi kebiasaan lama anda yang sebelumnya lebih dominan.

Senada dengan hal yang penuturan Timothy tadi, pakar neurosains bernama Elliot Berkman juga mendukung hal tersebut. Elliot Berkman menyebutkan bahwa memulai kebiasaan baru jauh lebih mudah daripada berhenti melakukan kebiasaan lama tanpa adanya kebiasaan pengganti.

Hal ini semakin memperkuat bahwa solusi paling utama jika ingin menghilangkan kebiasaan lama, termasuk kebiasaan buruk adalah dengan menggantinya dengan kebiasaan baru.  

Tips Untuk Merubah Kebiasaan Buruk

Untuk anda yang ingin merubah kebiasaan buruk, terdapat beberapa tips dan cara yang kiranya dapat membantu anda. Berikut tips tersebut yang telah kami rangkum.

1. Bertekad Kuat

Salah satu hal yang perlu anda lakukan untuk merubah kebiasaan buruk anda adalah membulatkan tekad. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa merubah kebiasaan bukanlah perkara gampang. Untuk itu, anda membutuhkan tekad yang kuat untuk struggle dalam proses tersebut. 

Agar dapat mendapatkan tekad dan motivasi yang kuat, anda dapat mencoba untuk tidak memikirkan proses yang anda akan jalani. Namun fokuslah pada dampak positif yang akan anda rasakan ketika kebiasaan buruk anda tersebut digantikan.

2. Memulai Sebuah Kebiasaan Baru

Berdasarkan kesimpulan dari para pakar yang kami sebutkan sebelumnya. Telah jelas bahwa kebiasaan buruk adalah suatu hal yang sebenarnya tidak dapat hilang. Namun di lain sisi, kebiasaan buruk dapat dibuat tidak dominan dengan memulai kebiasaan baru yang positif. 

Untuk itu, anda membutuhkan sebuah kebiasaan baru yang lebih positif untuk membuat kebiasaan buruk anda menjadi tidak dominan. Cobalah temukan kebiasaan pengganti tersebut dan kemudian mulai membiasakannya.

Semisalnya, anda memiliki kebiasaan tidur jam 1 malam. Anda dapat memulai kebiasaan pengganti yakni untuk mulai beristirahat saat jam 10. Meskipun akan terasa sulit di awal, tetap usahakan untuk menerapkan kebiasaan baru tersebut.

3. Memberikan Penghargaan Kepada Diri

Jika anda merasa sulit untuk memulai kebiasaan baru untuk menggantikan kebiasaan buruk anda, self rewarding dapat menjadi salah satu hal yang membantu. Self rewarding ini merupakan aksi memberikan penghargaan (reward) kepada diri saat berhasil mencapai suatu tujuan.

Anda dapat menerapkan metode ini untuk meningkatkan semangat dan motivasi anda dalam memulai kebiasaan baru. Berikan reward kepada diri anda setelah berhasil menjalankan kebiasan baru anda dalam kurun beberapa hari.

Reward yang anda berikan sendiri dapat berupa banyak hal, misalnya traveling, mengunjungi resto favorit anda dan lainnya.

Sebagai tambahan untuk anda. Dalam menerapkan self reward ini, sebaiknya anda terlebih dahulu menentukan target yang anda ingin capai dengan jelas terlebih dahulu.

Misalnya, anda ingin memulai kebiasaan bangun subuh. Maka tentukan dengan detail mengenai jam berapa anda akan bangun dan berapa lama waktu anda melakukan kebiasaan ini sebelum mendapat reward.

Itulah sedikit pembahasan kami yang sekiranya dapat menjawab pertanyaan tentang berapa lama waktu untuk merubah kebiasaan buruk. Semoga informasi yang kami sajikan ini bermanfaat dan dapat memuaskan keingintahuan mu. Terima kasih.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merubah Kebiasaan Berjudi? Berikut Jawabannya!

Berapa Lama Waktu Untuk Mengubah Kebiasaan Buruk?. Ini Jawabannya!

Navigasi pos