Cara Mengubah Kebiasaan Lama, Yuk Tinggalkan Kebiasaan Buruk!

Pada postingan kali ini, postingan kami akan membahas mengenai cara mengubah kebiasaan lama. Bagaimana caranya? 

Mengubah kebiasaan lama memang tidak segampang saat anda menyebutkannya. Dari definisinya saja, kebiasaan adalah sesuatu yang anda lakukan sejak lama dan telah menjadi bagian dari gaya hidup.

Dikarenakan telah dilakukan sejak lama dan berulang-ulang, tentunya mengubah kebiasaan tersebut menjadi suatu hal yang tidak mudah.

Bagaimana Cara Mengubah Kebiasaan Lama?

Meskipun sulit, bukan berarti anda tidak dapat mengubah kebiasaan lama anda. Terdapat beberapa cara yang dapat anda coba untuk menghilangkan kebiasaan lama. Adapun beberapa cara tersebut yang telah kami rangkum adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui Bagaimana Kebiasaan Tersebut Terbentuk

Salah langkah yang dapat anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan lama anda adalah dengan memahami bagaimana kebiasaan tersebut terbentuk. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kebiasaan adalah sesuatu yang terbentuk setelah dilakukan berulang-ulang.

Sehingga dapat kita simpulkan jika anda memikirkan dan melakukan sesuatu secara berulang-ulang, maka hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. 

2. Kebiasaan Lama Tidak Dapat Dihilangkan

Menurut salah satu halaman psikologi, disebutkan bahwa kebiasaan lama adalah sesuatu yang tidak dapat dihilangkan. Namun kebiasaan lama ini dapat kamu gantikan dengan kebiasaan baru.

Dari informasi tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa memiliki kebiasaan baru yang lebih baik dapat menjadi solusi untuk anda. Cobalah untuk menemukan kebiasaan baru yang dapat menggantikan kebiasaan lama anda.

3. Berkomitmen Untuk Memulai Kebiasaan Baru

Melanjutkan pembahasan tentang cara mengubah kebiasaan baru. Jika sekiranya anda telah menemukan kebiasaan baru untuk menggantikan kebiasaan lama anda. Maka selanjutnya, anda perlu berkomitmen untuk secara disiplin untuk menerapkan kebiasan tersebut.

Komitmen ini sendiri merupakan bentuk kesiapan anda untuk menerima perubahan dalam hidup anda. Sebagai contoh, anda telah berkomitmen untuk memulai kebiasaan bangun pagi. Maka komitmen kan hal tersebut.

Mulailah untuk menulis jadwal kapan anda akan memulai menerapkan kebiasaan baru tersebut. Sebagai saran untuk anda, jangan pernah pikirkan tentang sulitnya proses memulai kebiasaan baru tersebut. Pikirkanlah tentang manfaat positif yang akan anda akan dapatkan dari kebiasaan baru tersebut.

4. Melakukan Pola Berbeda

Setiap anda melakukan kegiatan yang sama berulang kali, maka otak anda akan merekam hal tersebut. Sehingga otak anda pun akan menjadi seperti dalam keadaan autopilot yang melakukan kegiatan tersebut setiap harinya.

Untuk hal ini, anda harus mencegah otak anda menjadi dalam keadaan autopilot ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mencoba pola berbeda setiap harinya. 

Misalnya, anda memiliki rutinitas pulang dari kantor atau kampus dengan rute yang sama setiap harinya. Cobalah untuk melakukan pola berbeda, mungkin dengan mengubah rute yang biasa anda pakai atau jenis moda transportasi yang anda gunakan.

Melakukan hal tersebut akan melatih otak anda untuk terbiasa dengan perubahan. Sehingga anda akan lebih mudah untuk memulai kebiasaan baru untuk menggeser kebiasan lama anda.

5. Jangan Pernah Menyerah

Jika anda ingin mengubah kebiasaan lama, terutama kebiasaan buruk. Makan jangan pernah menyerah dalam prosesnya. Proses yang anda lalui mungkin akan terasa berat, namun jangan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menyerah.

Dalam hal ini, anda akan sangat membutuhkan support dan motivasi dari keluarga ataupun teman anda. Kembali ke poin sebelumnya, cobalah untuk memikirkan tentang hal positif yang akan anda dapatkan dari menghilangkan kebiasaan lama ini.

6. Tuliskan Target Anda Dan Tujuannya

Untuk membuat tujuan anda jelas, maka menuliskan target dapat menjadi opsi yang anda lakukan selanjutnya terkait cara mengubah kebiasaan lama ini. Ketika anda ingin menggantikan kebiasaan lama anda dengan kebiasaan baru yang lebih positif. Cobalah untuk menuliskan target dan tujuan anda tersebut.

Adapun beberapa hal yang dapat anda tulis tersebut adalah :

  • Kebiasaan baru yang ingin
  • Manfaat hilangnya kebiasaan lana/ manfaat kebiasaan baru
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan kebiasaan baru
  • Tujuan/alasan mengapa anda ingin menghilangkan kebiasaan lama

Hal ini akan selalu mengingatkan anda tentang mengapa anda ingin menghilangkan kebiasaan lama anda dan target yang ingin anda capai.

7. Self Rewarding

Memberikan reward ke diri adalah salah satu cara paling sederhana untuk memotivasi diri, termasuk juga dalam mengubah kebiasaan lama ini. Berikanlah hadiah pada diri anda di akhir apabila telah berhasil menghilangkan atau menggantikan kebiasaan lama.

Misalnya, anda telah berhasil memulai kebiasaan baru bangun lebih pagi. Anda dapat memberikan reward pada diri anda seperti dengan makan makanan yang anda favoritkan di siang harinya.

Penghargaan atas pencapaian adalah bentuk bahwa anda menghargai diri dan juga akan memotivasi anda untuk melakukan kebiasaan baik lainnya.

Itulah sedikit pembahasan dari kami tentang bagaimana cara mengubah kebiasaan lama, terutama yang bersifat destruktif. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang ingin mengubah kebiasaan buruk anda. Terima kasih.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merubah Kebiasaan Berjudi? Berikut Jawabannya!

Sulit Hilangkan Kebiasaan Lama? Beberapa Cara Berikut Akan Membantu

Navigasi pos