Cara Terbaik Untuk Mengatasi Mental Block Agar Raih Kesuksesan

Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi mental block?. Kami akan memberitahukan solusinya untukmu.

Jika kamu mengalami kendala atau hambatan dan berpikiran untuk tidak dapat menghadapinya. Maka kamu mungkin tengah dalam kondisi yang bernama mental block.

Mental block adalah kondisi dimana pikiranmu menghambatmu untuk menyelesaikan suatu target atau pekerjaan. 

Contoh mental block ini, misalnya jika kamu merasa ingin menurunkan berat badan. Kamu berencana untuk merutinkan berolahraga setiap harinya, namun kamu mengingat cukup jauh jaraknya tempat olahraga dari rumahmu. Kamu mulai berpikiran bahwa hal ini tidak sebanding dan mulai lalai akan targetmu.

Secara sadar atau tidak, kamu pun pastinya pernah mengalami kondisi mental block ini, tentunya dalam kasus berbeda. 

Cara Efektif Untuk Mengatasi Mental Block 

Nah, berhubungan dengan mental block ini, terdapat beberapa cara efektif yang dapat mengatasi mental block ini. Berikut beberapa cara tersebut dan juga ulasannya.

1. Membuat Tujuan Yang Jelas Dan Realistis

Salah satu cara yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi mental block adalah membuat tujuan yang jelas dan realistis. Munculnya kondisi mental block ini kemungkinan disebabkan oleh kurang jelasnya tujuan yang ingin kamu capai.

Misalnya, kamu ingin menurunkan berat badan. Kamu harus menentukan dengan jelas tujuan yang ingin kamu capai, seperti target penurunan berat badan dan juga deadlinenya. Jangan lupa juga menyusun apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain jelas, kamu pun juga harus membuat tujuan yang sekiranya realistis untuk dilakukan. Misalnya, kamu menargetkan menurunkan berat badan sebanyak 10 kg dalam waktu 3 bulan. Target ini dapat termasuk realistis untuk kamu kerjakan.

Berbeda dengan jika kamu menargetkan untuk turun 10 kg dalam waktu 3 hari. Target ini tidak dapat dikatakan realistis.

2. Mulai Dari Target KecilĀ 

Ketika kamu ingin mencapai suatu target, ada baiknya jika kamu memulainya dari target yang kecil terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika kamu berniat untuk membiasakan diri untuk membaca setiap hari. Mulailah menargetkan target kecil terlebih dahulu. 

Kamu dapat memulainya dengan menargetkan untuk menyelesaikan 1 buku setiap satu minggunya. Jangan langsung membebani diri kamu tengah target besar, misalnya harus membaca 1 buku satu hari.

Setelah kamu mulai terbiasa dengan target kecil tersebut, kamu dapat mulai meningkatkan target kamu hingga ke level yang kamu targetkan. Melakukan hal ini dapat mencegah munculnya pikiran untuk menyerah lantaran beban pemenuhan target.

3. Membuat Daftar Hal Yang Berhasil Kamu Capai Dan Reward-nya

Untuk mengingatkan kamu terhadap target atau tujuan mu, sebaiknya kamu juga membuat daftar target yang ingin kamu capai. Kamu dapat memberikan centang pada daftar target atau tujuan ketika telah berhasil menyelesaikannya.

Pada bagian ini, kamu juga disarankan untuk memberikan reward kepada dirimu setiap kami berhasil menyelesaikan target atau tugas. Hal ini sangat penting untuk membangun motivasi kamu untuk target-target selanjutnya,

Misalnya, jika kamu memiliki target untuk menyelesaikan semua tugas akhir semester dalam waktu 1 minggu. Ketika berhasil melakukannya, kamu dapat memberikan reward ke dirimu sendiri seperti traveling, makan makanan favoritmu dan lainnya.

4. Jangan Takut Akan Kegagalan

Ketakutan akan kegagalan adalah salah satu penghambat bagi seseorang untuk menjadi lebih baik. Jika kamu memiliki ketakutan ini, maka sebaiknya kamu mulai menghilangkannya. Anggaplah kegagalan sebagai suatu hal yang akan mengajarkanmu menjadi lebih baik kedepannya. 

Jika kamu mengalami kegagalan, ambil hikmah dan pembelajaran dari kegagalan tersebut. Bahkan sosok Thomas Alva Edison juga mengalami ratusan kali kegagalan sebelum akhirnya menemukan lampu pijar.

5. Jangan Pedulikan Pendapat Negatif Dari Orang Lain

Ketika banyak mendapatkan pendapat atau opini buruk tentang apa yang akan dikerjakan, banyak orang yang mentalnya mengalami down mulai malas mengejar mimpinya. Jangan biarkan hal ini terjadi padamu. 

Bahkan penulis ternama J.K Rowling pernah dikritik lantaran karyanya dianggap jelek dan tidak masuk akal. Namun lihatlah sekarang, sang penulis novel best seller Harry Potter ini menuai kesuksesan berkat sifat pantang menyerah dan mengabaikan suara-suara yang meremehkannya.

Sebisa mungkin, abaikan pendapat negatif yang berniat menjatuhkan motivasimu. Ambilah dukungan dan pendapat yang kiranya dapat membantu mengejar tujuanmu.

6. Ambil Waktu Untuk Beristirahat

Beristirahat menjadi cara mengatasi mental block terakhir yang dapat kamu coba. Ketika mengalami kondisi mental block, hal ini kerap membuat kita sulit untuk fokus. Hal ini tentunya dapat menghambat pekerjaan atau pemenuhan target yang kamu inginkan.

Ketika mengalami kondisi mental block ini, ada baiknya jika kamu mengambil waktu istirahat sejenak. Setelah beristirahat, tubuh dan pikiranmu akan menjadi lebih segar. Sehingga kamu pun dapat memiliki motivasi untuk kembali mengejar target dan tujuanmu.

Sekian pembahasan kami mengenai cara mengatasi mental block ini. Semoga apa yang kamu sampaikan ini dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam memperkuat mental untuk meraih kesuksesan. Terima kasih. 

Baca Juga : Bagaimana Cara Merubah Kebiasaan Berjudi? Berikut Jawabannya!

Cara Terbaik Untuk Mengatasi Mental Block Agar Raih Kesuksesan

Navigasi pos