Cara Memegang Teguh Komitmen, Yuk Belajar Jadi Bertanggung Jawab!

Bagaimana cara memegang teguh komitmen terhadap diri sendiri? Kami memiliki beberapa tips yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Masih sangat banyak orang yang memandang remeh arti sebuah komitmen untuk diri sendiri. Padahal komitmen ini adalah parameter yang orang gunakan untuk menilai karakter seseorang.

Tidak menepati komitmen dengan sendiri juga merupakan bentuk ketidakdisiplinan yang nantinya dapat membawa hal buruk untuk kehidupan mu kedepannya, terutama dalam hal pekerjaan. 

Tips dan Cara Memegang Teguh Komitmen

Jika kamu adalah satu orang yang kiranya masih lemah dalam memegang komitmen. Ini adalah saatnya kamu untuk kamu berubah. Untuk membantu kamu, beberapa tips berikut ini dapat membantu.

Membuat Komitmen Dengan Jelas

Untuk dapat memegang teguh komitmen yang kamu buat, kamu harus membuat komitmen tersebut jelas. Banyak orang yang tidak menepati janji atau komitmen karena tidak jelasnya komitmen mereka buat dan konsekuensi jika tidak menjalankan komitmen tersebut.

Misalnya, kamu berkomitmen ingin menjadi lebih produktif tahun ini. Hal tersebut merupakan contoh komitmen yang kurang jelas. Mengapa demikian?.

Hal tersebut karena tidak adanya parameter yang jelas tentang komitmen tersebut. Jika kamu berkomitmen untuk melakukan sesuatu, maka kamu membutuhkan parameter yang jelas dan detail, seperti usaha yang kamu lakukan, deadline, tujuan dan hukuman jika tidak melakukan komitmen tersebut tersebut.

Sebagai contoh: misalnya, kami berkomitmen lebih produktif tahun ini. Buatlah daftar hal produktif dan target yang akan kamu ingin kamu lakukan tahun ini. 

Berikan juga deadline seberapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Tentukan juga hukuman yang akan kamu dapatkan jika lalai dalam melakukan target yang kamu buat.

Mengetahui Hal-Hal Yang Dapat Menyebabkan Lalai Akan Komitmen

Masih membahas tentang cara memegang teguh komitmen. Tips lainnya untuk kamu agar dapat lebih teguh pada komitmen adalah mengetahui hal-hal yang menyebabkan kamu lalai.

Dalam menjalankan komitmen, tentunya kamu memiliki hal-hal yang membuat kamu lalai dalam menjalankan komitmen mu. Menurut salah satu halaman terpercaya, hal-hal ini tersebut terbagi atas 2 kategori berbeda yakni:

1. Mental Block

Secara garis besar, mental block ini adalah hal atau alasan yang membuat kamu malas melakukan komitmen yang kamu telah buat sebelumnya.

Misalnya, kamu berkomitmen untuk berolahraga 3 kali dalam seminggu. Namun nyatanya kamu lalai dalam menepatinya, lantaran rasa malas berkendara ke lapangan atau sport center. Rasa malas berkendara ini adalah mental block yang kami maksud sebelumnya.

Dalam hal ini, kamu harus mengetahui mental block yang menyebabkan kamu lalai atau malas menepati komitmen mu. Setelah mengetahui, solusi untuk masalah ini adalah mencari alternatif pilihan yang dapat menghilangkan kendala kamu menepati komitmen sebelumnya.

Mengambil contoh yang sama. Misalnya kamu malas berolahraga karena sport center atau lapangan jauh dari tempat tinggalmu. Kamu dapat mengambil alternatif pilihan lain seperti berolahraga di Gym yang lebih dekat dari rumahmu atau berolahraga di sekitar kompleks perumahan mu.

2. Distraction

Berbeda dengan mental block, distraction adalah hal yang mengalihkan kamu dari tanggung jawab dan komitmen yang seharusnya kamu lakukan. 

Misalnya ketika kamu berniat untuk mengerjakan pekerjaan. Media sosial adalah hal yang dapat membuat kamu lalai atau lebih lambat dalam menjalankan komitmen.

Untuk masalah yang satu ini, kamu harus berupaya menghindari hal-hal yang menjadi distraction. Jika media sosial atau gadget menjadi pusat distraction ini, maka upayakan untuk tidak mengakses Smartphone ketika kamu mengerjakan komitmenmu.

Mulailah Dari Tujuan Kecil

Ketika membuat komitmen, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kapasitas atau kesanggupanmu. Misalnya kamu bertekad untuk menjadi lebih rajin membaca buku. 

Saat menentukan target yakni jumlah buku yang kamu baca dalam sehari, seminggu atau sebulan, kamu harus mengetahui kesanggupanmu terlebih dahulu. Jika sebelumnya kamu terbilang jarang membaca, maka akan menjadi kurang tepat untuk menargetkan untuk membaca setidaknya 2 buku dalam sehari.

Mulailah dengan menetapkan target kecil terlebih dahulu ketika memulai komitmen. Ketika kamu telah mulai terbiasa, perlahan tingkatkan target mu.

Melakukan Self Rewarding

Self reward juga merupakan salah satu bagian tips yang dapat meningkatkan keteguhan mu dalam komitmen. Jika sebelumnya, kamu menetapkan hukuman yang akan diterima ketika kamu lalai dalam komitmen mu. Maka tetapkan juga reward yang akan kamu dapatkan ketika berhasil memenuhi komitmen mu.

Misalnya, kamu memutuskan untuk memberikan hadiah kecil kepada dirimu berupa liburan ketika berhasil mengerjakan skripsi mu. 

Hal tersebut akan memotivasi mu untuk teguh memegang janji dan komitmen yang kamu buat untuk dirimu sendiri.

Itulah sedikit tips dan cara memegang teguh komitmen yang dapat kamu coba. Semoga informasi ini dapat membuat kamu menjadi lebih bertanggung jawab kepada dirimu sendiri dan juga orang lain.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merubah Kebiasaan Berjudi? Berikut Jawabannya!

Tips Agar Dapat Memegang Teguh Komitmen Terhadap Diri Sendiri

Navigasi pos