alat navigasi

Laut merupakan suatu wilayah perairan asin yang sangat besar dan dikelilingi daratan secara sebagian ataupun menyeluruh. Laut memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia di bumi. Mulai dari menyimpan organisme organisme, mengatur siklus air dan karbon, dan lain lain. Untuk mendukung aktivitas eksplorasi, ada alat navigasi pendukung yang bisa didapatkan dari Distributor Alat Kapal.

Laut juga merupakan salah satu bagian paling penting di aktivitas perdagangan dari dulu. Sejak zaman prasejarah, nenek moyang kita sudah mencoba untuk menjelajahi lautan. Ini dilakukan untuk mengetahui ada apa di balik selimut lautan yang dilihat mata. Eksplorasi lautan inilah yang merupakan salah satu faktor mengapa kita sangat beragam di berbagai lapisan geografi di dunia. Dengan adanya alat navigasi, ini bisa menjadi peralatan kapal untuk keselamatan anda untuk mencari jalan pulang. Simak artikel berikut ini.

Bereksplorasi dan alat yang digunakan

Saat berekplorasi di lautan atau sekedar melewati laut saja, kita tidak bisa sembarangan melakukannya. Diperlukan suatu ilmu yang disebut navigasi. Navigasi merupakan suatu ilmu dimana kita belajar menentukan kedudukan dan posisi secara tepat. Tanpa navigasi, kita akan mudah tersesat dan bisa saja celaka dikarenakan itu. Dahulu kala, sebelum alat alat navigasi diciptakan, manusia menggunakan benda benda yang tampak di langit.

Seperti bintang dan matahari untuk mengetahui posisi dan keberadaan mereka. Seiring dengan berkembangnya teknologi, metode dengan melihat benda langit mulai ditinggalkan. Dikarenakan tidak terlalu bisa diandalkan dan banyak variabel yang mempengaruhi benda langit yang dilihat. Kemudian, muncullah alat alat navigasi yang membantu dalam pelayaran mulai dari sederhana hingga modern.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas perlengkapan kapal di bidang navigasi, terutama alat navigasi yang sudah modern. Sehinga anda pun bisa memilih dan membeli perlengkapan kapal sesuai kebutuhan.

 Radar kapal

Perlengkapan navigasi kapal modern yang akan kita bahas pertama kali ialah radar. Tahukah anda bahwa istilah radar itu merupakan sebuah singkatan? Istilah Radar memiliki kepanjangan yaitu radio detection and ranging dan merupakan suatu alat yang sangat penting di bidang navigasi pelayaran. Secara dasarnya radar memiliki kegunaan untuk mendeteksi dan mengukur jarak suatu benda yang berada di radius sekeliling kapal.

Selain dapat menunjukkan keberadaan objek seperti kapal, pantai, daratan dan objek lain di sekeliling kapal, radar juga dapat memberikan jarak antara kapal dengan objek objek yang terdeteksi tersebut. Dari fungsi yang kita bahas barusan, radar sangatlah bermanfaat untuk membantu menghindari kecelakaan yang dapat terjadi di laut. Radar akan sangat berguna pada saat dalam cuaca buruk, keadaan berkabut, bahkan gelap di malam hari. Dimana objek akan sangat susah untuk diamati dengan kemampuan visual.

Radar memiliki keunggulan yang mencolok dibanding dengan peralatan peralatan navigasi lainnya, yaitu radar tidak memerlukan stasiun stasiun pemancar untuk dioperasikan. Secara simpelnya, radar menggunakan sebuah prinsip pemancaran gelombang elektronik. Di kapal akan ada sebuah alat pemancar khusus yang dapat memancarkan pulsa gelombang radio pendek. Kemudian dipancarkan di media sempit oleh antena berarah.

Karena gelombang yang dipancarkan tersebut bergerak secara lurus dengan kecepatan yang sama, maka ketika gelombangnya terkena sesuatu seperti kapal atau sebuah daratan atau objek lain. Gelombang tersebut akan terpantul kembali lagi ke arah si pemancar dan akan diterima oleh sebuah alat penerima gelombang. Kemudian dengan pengukuran berdasarkan waktu rambatnya, bisa didapatkan jarak antara kapal yang memancarkan gelombang radio. Objek yang terkena dan membuat gelombang radio tersebut memantul.

Navigasi satelit kapal

Alat navigasi kapal modern selanjutnya yang akan dibahas adalah navigasi satelit kapal atau biasa lebih sering didengar sebagai GPS. Satelit alat navigasi kapal merupakan sebuah satelit yang menggunakan gelombang atau sinyal radio yang kemudian disalurkan ke penerima. Di permukaan, ini penting agar menentukan lokasi titik sebuah kapal di permukaan bumi.

Tahukah anda, bahwa sebenarnya GPS saat pertama tama diciptakan oleh penemu penemu Amerika. Alat ini merupakan suatu teknologi yang dipergunakan untuk militer dan masih bersifat rahasia pada saat itu. Akan tetapi, seiring waktu dan berkat beberapa insiden insiden yang terjadi. Pemerintah amerika pun mengeluarkan kebijakan untuk membuka akses publik ke sistem navigasi GPS yang tentunya sangat berguna bagi umum.

GPS memiliki sebuah sistem, dan sistem ini terdiri dari 3 bagian, yaitu satelit di angkasa, stasiun pengendali, dan receiver. Cara kerja GPS dalam menentukan posisi sesuatu tidaklah sesuatu yang simpel. Satelit satelit yang berada di angkasa mengelilingi atau mengorbit bumi selama dua kali dalam sehari. Ketika mengorbit, satelit satelit ini memberikan sebuah sinyal unik yang kemudian dapat ditangkap oleh penerima di bumi.

Nah, sinyal sinyal unik inilah yang kemudian dipakai oleh penerima untuk menghitung jarak antara dirinya dan satelit satelit GPS. Terdapat banyak satelit yang berada di luar bumi, hal ini lah yang menyebabkan hampir setiap saat posisi kita bisa kita ketahui. Selain dapat mengetahui posisi kita, GPS juga bisa menghitung kecepatan, jarak ke tujuan, dan lain lain.

Akurasi GPS dalam melacak posisi juga cukup sangat akurat loh, yaitu berkisar 10 meter. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yang dapat mengurangi akurasi dan menghalangi sinyal GPS, yaitu seperti bangunan bangunan tinggi, berada di dalam ruangan, dan lain lain.

IRS

Peralatan navigasi kapal modern selanjutnya yang akan dibahas adalah IRS. IRS merupakan sebuah singkatan dari Inertial Refrence System. Yang dari namanya saja telah tampak digunakan sebagi sistem pedoman dan menyinggung mengenai inersia. Pada dasarnya IRS merupakan sebuah alat navigasi modern yang bekerja untuk memberi tahu posisi koordinat kapal dengan berdasarkan efek inersia.  Inersia atau disebut juga kelebaman merupakan kecendrungan semua benda fisik untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya. Semua jenis kapal pasti membutuhkan alat satu ini.

Tidak seperti alat navigasi GPS (Global Positioning system), IRS merupakan sebuah perangkat navigasi kapal yang tidak memerlukan stasiun stasiun untuk bekerja. Sehingga alat navigasi yang satu ini sangat tepat digunakan dimanapun baik bumi bahkan di luar angkasa. Di perangkat IRS yang cukup modern, sudah mulai dilengkapi juga dengan bekal peta, sehingga sangat membantu ketika digunakan sebagai alat navigasi di darat, udara, maupun laut dan luar angkasa.

Demikian pembahasan mengenai alat navigasi modern yang dapat kita jumpai di kapal. Semoga dapat menambah wawasan dan berguna bagi pembaca sekalian.

Alat Navigasi Modern yang Dapat Kita Temui di Kapal

Navigasi pos