5 Penyebab Bisnis Online Gagal di Tahun Pertama

Apakah kamu tahu apa penyebab sebuah bisnis online gagal? Padahal jika dilihat, bisnis online saat ini memiliki peluang yang besar. Karena, didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. 

Sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan sebuah bisnis online mengalami kegagalan. Faktor tersebut dapat berasal dari dalam internal perusahaan atau pelaku bisnis tersebut. Bisa juga karena faktor eksternal yang berasal dari pasar atau konsumen. 

Berikut kami rangkum 5 penyebab bisnis online gagal. Yang bahkan berpotensi terjadi di tahun pertama untuk kamu!

5 Penyebab Bisnis Online Gagal di Tahun Pertama

5 Penyebab Bisnis Online Gagal di Tahun Pertama

Penyebab Bisnis Online Gagal-Kurang Pengetahuan Akan Bisnis Online

Apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online? Tentu saja mempelajari lebih dalam mengenai bisnis online tersebut. 

Banyak pelaku bisnis yang melupakan hal ini. Mereka biasanya hanya membaca sekilas mengenai peluang bisnis online. Atau bahkan, hanya melihat temannya yang memiliki bisnis online. Dan langsung tertarik dan ingin segera memulai secepat mungkin.

Padahal bisnis online jauh lebih kompleks dibandingkan itu semua. 

Ada orang yang mengatakan dalam bisnis “mulai saja dahulu, nanti sambil belajar”. Hal tersebut boleh saja dilakukan, namun intinya adalah “sambil belajar”. Bukan “tanpa belajar”. Belajar di sini dapat kamu artikan sebagai saat kamu memiliki sebuah permasalahan, maka kamu harus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Namun, untuk memecahkan permasalahan tersebut tentunya kamu harus mengetahui berbagai dasar dari bisnis online. Pengetahuan dasar tersebut meliputi: 

  • Mengetahui apa saja jenis bisnis online yang ada
  • Mengerti cara berbisnis online
  • Mengerti cara melayani konsumen
  • Dll

Pengetahuan tersebut sebenarnya berguna untuk kamu menentukan jenis peluang bisnis online apa yang akan kamu lakukan, target pasarnya, dan hal-hal yang termasuk dalam bisnis online tersebut. Maka dari itu, sebelum kamu memulai usaha, alangkah lebih baik untuk mempelajarinya lebih dalam terlebih dahulu. 

Baca juga: Tips Meraih Untung Sebagai Produsen Batik Modern Solo

Perencanaan Bisnis yang Kurang Matang

Penyebab kedua bisnis online gagal adalah kurangnya perencanaan bisnis. 

Saat kamu hendak pergi liburan, pasti kamu merencanakan terlebih dahulu akan liburan kemana, berapa hari, penginapan dimana, dan akan menikmati apa saja dalam liburan tersebut. Layaknya mempersiapkan liburan agar liburan tersebut sukses, sebuah bisnis online yang kamu jalankan juga perlu perencanaan yang matang. Semua itu ditujukan untuk kesuksesan sebuah bisnis. 

Perencanaan bisnis tidak hanya meliputi apa produk yang akan dijual, namun lebih kompleks. Kamu harus merencanakan berbagai hal berikut ini: 

  • Apa kelebihan dari produk yang kamu tawarkan? 
  • Mengapa produk tersebut perlu dimiliki oleh konsumen? 
  • Siapa saja target pasar produk tersebut? 
  • Seberapa besar modal yang dibutuhkan untuk bisnis tersebut? 
  • Berapa lama perkiraan modal akan kembali?
  • Dimana saja kamu akan memasarkan produk? 
  • Kemasan apa yang akan kamu gunakan? 
  • Berapa harga yang akan kamu tawarkan? 
  • Apa saja yang akan kamu lakukan untuk memasarkan produk? 
  • Apa tujuan jangka panjang dari bisnis tersebut? 

Jika kamu dapat menjawab berbagai pertanyaan di atas, maka perencanaan bisnis online kamu cukup matang. Tapi, jika ada pertanyaan yang tidak dapat kamu jawab, maka kamu harus segera memahami lebih lanjut mengenai bisnis yang akan kamu jalankan. 

Misalnya kamu ingin membuat sebuah bisnis kuliner online dengan spesifikasi makanan ringan. Makanan pertama yang akan kamu tawarkan kepada konsumen adalah makaroni. Lantas, pertanyaan yang tidak dapat kamu jawab adalah apa kemasan yang akan digunakan dan kemana akan memasarkan produk. 

Kamu dapat menggunakan kemasan standing pouch untuk makaroni tersebut dan menambahkan zipper lock untuk membantu konsumen menyimpan makaroni yang telah dibuka. Selanjutnya, karena menggunakan kemasan yang kuat seperti kemasan jenis standing pouch tersebut, kamu dapat memasarkan secara online hingga ke luar kota melalui platform e-commerce. Kamu dapat membungkus makaroni tersebut ke dalam paper bag yang ada logo perusahaan, sehingga produk yang dikirim ke pelanggan lebih terlihat berkualitas. 

Jika kamu memiliki perencanaan yang matang maka kamu dapat melihat ke arah mana bisnis tersebut akan berjalan. 

Kurang Interaksi dengan Konsumen

Bisnis online merupakan bisnis yang tidak mempertemukan penjual dan pembeli untuk bertatapan langsung layaknya di sebuah pasar tradisional. Pemilik usaha dapat memberikan layanan yang terbaik melalui interaksi dengan konsumen. Mulai dari membalas pertanyaan konsumen dengan cepat, serta memberikan rekomendasi produk kepada konsumen. 

Dengan begitu, konsumen merasa tepat untuk membeli produk bisnis kamu. Ada kemungkinan bahwa konsumen tersebut akan membeli lagi produk tersebut setelah habis. 

Menjalankan Banyak Bisnis Sekaligus

Fokus adalah kunci utama keberhasilan suatu bisnis. Penyebab bisnis online gagal salah satunya yaitu tidak fokus. 

Sebagai pemula, banyak niche bisnis yang cocok dan menggiurkan dengan modal kecil dan untung yang besar. Tidak jarang pemula mencoba berbagai jenis bisnis online tersebut dan berpikir dengan menjalankan banyak bisnis maka kemungkinan mereka sukses akan tinggi. Faktanya, semakin banyak bisnis yang dijalankan sekaligus, maka kemungkinan untuk gagalnya semakin besar. 

Lihat saja para miliarder di luar sana, mereka memiliki banyak bisnis tidak dalam satu waktu. Setelah satu bisnis berhasil, mereka kemudian mengembangkan diri untuk bisnis lainnya. Dengan begitu saat perencanaan dan proses berjalan sebuah bisnis akan fokus sehingga dapat sukses dengan lebih cepat. 

Mudah Menyerah

Kebiasaan utama pemula dalam bisnis adalah mudah menyerah. Hal ini karena banyak pemula yang menganggap bahwa bisnis online merupakan bisnis yang cepat kaya. 

Padahal dalam menjalankan sebuah bisnis baik online maupun offline, butuh adanya proses untuk mencapai titik kesuksesan. Semuanya itu membutuhkan kesabaran dan kerja keras. 

Jika mudah putus asa dan menyerah, maka lebih baik untuk tidak berbisnis online. 

Apakah kamu sudah memutuskan untuk berbisnis online? Jika iya, perhatikan 5 penyebab bisnis online gagal di atas sehingga bisnis yang kamu bangun dapat berjalan dan berkembang hingga sukses. Tetap semangat ya!

Author: Pitnia Ayu Saputri