4 Contoh Self Reward Yang Positif Untuk Diri Sendiri

Bagaimana contoh self reward yang positif untuk diri sendiri?. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahasnya untuk kamu.

Ketika melakukan sesuatu atau mengejar hal yang kamu impikan, tentunya rasa penat dan juga stress pernah menghampiri kamu. Rasa penat dan stress yang tidak kamu kelola dengan benar dapat menyebabkan kamu kehilangan semangat dan juga fokus dalam mengejar target mu.

Menerapkan self reward atau self appreciation adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola rasa stress dan penat ini.

Apa Itu Self Reward ?

Jika diterjemahkan, Self reward artinya penghargaan diri. Penghargaan diri di sini adalah pemberian hadiah pada diri atas suatu pencapaian atau pemenuhan target.

Misalnya, kamu menargetkan untuk menyelesaikan cerpenmu dalam waktu 1 bulan. Ketika kamu menyelesaikan targetmu, kamu dapat memberikan hadiah tertentu kepada dirimu sendiri.

Manfaat Dari Self Reward 

Bukan hanya dapat membantu dalam hal pengelolaan rasa stress dan penat, self reward juga memiliki banyak dampak positif lainnya yang mungkin kamu belum ketahui. Adapun beberapa dari manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mengembangkan Kreativitas

Self Reward ternyata dapat mengembangkan kreativitas. Hal tersebut disebutkan dalam salah satu halaman JMC Academy Sydney. Melakukan hal yang berbeda dari rutinitas dapat membantu mengembangkan kreativitas mu. Dalam hal ini, hal yang berbeda yang dimaksud adalah self reward itu sendiri.

Misalnya, kamu menyelesaikan bab skripsimu sebelum atau tepat pada waktu yang targetkan. Maka kamu dapat mencoba melakukan hal positif yang kamu sukai, seperti berolahraga, menggambar dan lainnya sebagai bentuk self reward.

2. Meningkatkan Motivasi mu

Tidak hanya membantu mengembangkan kreativitas yang kamu miliki, self reward juga dapat meningkatkan motivasi mu. Dengan menerapkan self rewarding, maka kamu akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan target atau tujuan mu.

3. Mengobati Stress

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa self reward dapat menjadi salah satu cara untuk mengelola stress dan rasa penat saat mengejar target atau impian. Lebih dari sekadar mengelola, menurut beberapa penelitian, self reward terbukti memberikan dampak positif pada otakmu.

Ketika kamu melakukan self reward, maka otak akan memproduksi hormon dopamine yang dapat memberikan perasaan gembira. Perasaan gembira ini akan meredakan rasa stress yang kamu rasakan.

4. Mengajarkan Kamu Untuk Menghargai Diri Sendiri

Dengan memberikan hadiah untuk pencapaianmu sama halnya dengan menanamkan sikap menghargai diri sendiri. Jika kamu dapat menghargai diri sendiri, maka kamu akan menjadi lebih percaya diri.  Kamu pun juga akan menjadi mengetahui value atau kelebihan yang kamu miliki.

Contoh Self Reward Positif Untuk Diri Sendiri?

Meskipun kami menganjurkan untuk mengapresiasi diri untuk setiap pencapaian yang kamu penuhi. Sebaiknya kamu tidak melakukannya berlebihan.

Misalnya, kamu ingin membeli barang tertentu sebagai wujud self rewarding setelah menyelesaiakan suatu target. Hal ini boleh saja kamu lakukan, namun sebaiknya tidak berlebihan.

Misalnya, kamu tidak membeli barang yang terlalu mahal. Jika kamu melakukannya secara berlebihan, sama halnya dengan kamu memupuk sifat boros.

Sebagai saran, terdapat beberapa contoh self reward positif yang lebih kami sarankan untuk kamu. Adapun beberapa reward tersebut adalah :

1. Quality Time Bersama Teman

Salah satu contoh self reward positif yang dapat kamu coba adalah menyediakan quality time untuk dirimu. Kamu dapat mencoba untuk sesekali hangout atau traveling bersama temanmu ketika kamu telah berhasil mencapai target mu.

2. Menonton FilmĀ 

Menonton film juga dapat menjadi contoh self reward lainnya yang juga dapat kamu jadikan pilihan. Kamu dapat rehat sejenak dengan menonton film favoritmu ketika telah menyelesaikan target.

Kamu dapat menyusun daftar film yang kiranya ingin kamu tonton ketika menyelesaikan target atau mencapai tujuanmu.

3. Melakukan Hobimu

Jika kamu memiliki hobi yang sempat kamu tinggalkan lantaran kesibukan saat mengejar tujuanmu. Maka kamu dapat menjadikan waktu untuk melakukan hobimu sebagai salah satu bentuk self reward.

Ketika kamu telah menyelesaikan target atau mencapai tujuanmu, sediakan waktu untuk me time dan melakukan hobi yang kamu sempat tinggalkan sebelumnya.

4. Mengambil Waktu Untuk Beristirahat

Jika sekiranya kamu merasa lelah dengan rutinitas, beristirahat menjadi salah satu self reward yang baik untuk kamu. Kamu dapat mengambil waktu untuk benar-benar rehat dan tidak melakukan hal produktif.

Contohnya. kamu dapat diam seharian di rumah dan memanfaatkan waktumu untuk tidur siang atau sekadar bermalas-malasan di tempat tidur. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan dan terlalu lama.

Itulah sedikit pembahasan mengenai contoh self reward positif untuk diri sendiri. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu kamu agar dapat mengelola rasa stress dan penat saat mengejar target atau mimpimu. It is time to reward yourself.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merubah Kebiasaan Berjudi? Berikut Jawabannya!

4 Contoh Self Reward Yang Positif Untuk Diri Sendiri

Navigasi pos