mendirikan online shop

Online shopping telah menjadi tren yang mendunia dan juga lokal. Tidak hanya terkenal di luar negeri, online shopping pun mulai dikuasai oleh para penjual dalam negeri. Para penjual di Indonesia mulai mengubah toko mereka menjadi semi digital. Dengan ini, anda pun bisa tetap mempunyai sebuah toko yang offline, namun juga menjual barang atau produk secara online. Ini akan menarik perhatian banyak orang. Banyak penjual yang mendirikan online shop pun bisa menggandakan keuntungan mereka berkali kali lipat.

Pasti anda semua penasaran bukan dengan caranya? Di artikel ini, ada dua cara mendirikan online shop yang akan kita bahas. Semuanya memiliki keunikan masing masing. Namun pastinya, tidak semua diantara kalian memiliki sebuah toko resmi atau juga stok produk.

Instagram dan Manfaatnya dalam Mendirikan Online Shop

Instagram adalah alat yang paling sempurna untuk melakukan jual beli diluar aplikasi e-commerce. Selain menjadi alat yang sempurna, ada juga banyak kegunaan dan manfaat lain dari Instagram. Aplikasi Instagram sudah terkenal menjadi sebuah platform media sosial untuk berbagi foto dan video.

Selain itu, anda pun bisa berbagi konten konten lain seperti komen dan juga berkomunikasi. Ini membuat Instagram sasaran para pecinta bisnis online. Salah satu fitur menarik dari Instagram yang disukai oleh jutaan pengguna adalah direct message. Kini, mengirim pesan pun sangat mudah dilakukan melalui daring online. Caranya adalah dengan menggunakan fitur direct message.

Selain mengirim pesan teks kepada para pengguna lain, anda juga bisa mengirim hal hal lain. Beberapa contohnya adalah seperti sebuah video, postingan orang lain, contact dan juga konten lainnya. Ini menjadi daya tarik bagi para pengguna untuk menggunakan Instagram sebagai alat dalam berkomunikasi. Instagram juga bisa disebut sebagai aplikasi untuk hiburan. Ada banyak sekali konten menarik yang bisa membuat para penonton terhibur. Inilah mengapa anda wajib mendirikan online di Instagram dan bukan aplikasi lainnya.

Angka Pengguna Instagram

Aplikasi Instagram sendiri sudah sering digunakan oleh jutaan orang setiap harinya. Pada saat ini juga, ada sekitar lebih dari 500 juta pengunjung dan pengguna aktif. Para pengunjung ini seringkali berbagi foto dan juga video. Ini menjadi keunggulan yang dimiliki oleh Instagram dan tidak dimiliki oleh para kompetitor media sosial lainnya.

Jenis media sosial lainnya hanya bergantung dengan satu fitur dan bukan beberapa fitur. Instagram telah berhasil merangkum para pengguna untuk menggunakan aplikasinya karena 3 fitur tertentu. Fitur fitur tersebut adalah foto, video, dan juga berkomunikasi. Jika anda memperhatikan beberapa aplikasi lain seperti Tik Tok, maka anda tau bahwa aplikasi tersebut sangat berat di bidang videonya.

Ada juga aplikasi media sosial lainnya seperti twitter. Aplikasi media sosial seperti twitter ini hanya bergantung kepada teks dan juga link. Sehingga ini tidak mempunyai daya tarik yang tinggi untuk melakukan bisnis atau transaksi jual beli.

Instagram memiliki berbagai ragam jenis pengguna aktif. Beberapa diantaranya adalah dari konten seperti foto, video, dan juga komunikasi dirangkum menjadi satu. Karena Instagram bisa menggunakan posting foto dan video, banyak orang pun memulai untuk membuka online shop melalui Instagram. Ini sangat bagus dan memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan banyak pelanggan. Jadi jika anda ingin menggunakan Instagram untuk menjual, akan ada banyak potensial calon pembeli.

Membuat Akun Instagram Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam membuat online shop di Instagram adalah dengan membuat akun. Namun sebelum itu, anda pun harus memilih jenis akun terlebih dahulu. Ada dua pilihan yaitu akun biasa dan satu lagi adalah akun bisnis. Akun bisnis ini menjadi pilihan para pendiri online shop.

Karena akun bisnis bisa digunakan untuk berjualan dan juga memberikan gambaran penjualan. Jika menggunakan akun jenis biasa saja tidak akan cukup dalam melihat semua pengguna dan penonton konten. Ini sangat penting untuk dilakukan. Setelah memilih opsi ini, isilah data diri sesuai dengan diri masing masing.

Memilih Nama Untuk Online Shop

Mendirikan online shop di Instagram bisa dibilang hal yang mudah jika anda mengerti. Online shop di Instagram bisa hadir dalam macam macam produk dan juga nama. Hal utama yang harus dicari adalah nama untuk bisnis online shop anda. Tanpa sebuah nama online maka, akun Instagram tersebut pun tidak akan memiliki identitas.

Kami sangat merekomendasikan anda semua untuk memilih nama yang sesuai. Nama harus sesuai dengan produk dijual untuk memudahkan pembeli. Online shop yang sesuai dengan produk akan lebih mudah untuk dimengerti oleh para pembeli. Ini pun akan lebih masuk akal jika dipikirkan secara logika.

Pastikan juga nama online shop yang anda dirikan unik dan belum pernah digunakan sebelumnya. Ini mungkin sulit bagi anda karena sudah ada banyak bisnis di Instagram. Nama untuk toko anda pun mungkin saja sudah pernah dipakai oleh orang lain. Jika ini sudah terjadi, maka anda juga bisa memilih atau memberikan variasi dari nama tersebut. Akan ada banyak sekali kombinasi nama online shop yang bisa digunakan. Jadi jangan malas untuk mencari nama yang tepat. Nama pendek dan unik pasti akan menjadi daya tarik utama saat orang orang melihat online shop anda.

Latar Belakang Online Shop

Online shop yang sudah sukses memiliki identitas dan keunikan sendiri. Itulah mengapa anda harus bisa juga membuat para pembeli semangat saat membeli produk kalian. Latar belakang sangat penting saat mendirikan online shop. Tanpa adanya cerita dibalik online shop anda, orang orang hanya akan mengira. Latar belakang biasanya bisa di ceritakan dalam bentuk caption postingan anda. Ini tidak perlu dijelaskan secara panjang panjang. Hal yang paling penting adalah membuat para pembaca atau penonton mengerti dan tertarik dengan produk yang anda jual. Ini adalah salah satu cara pendekatan dari penjual dan juga viewers mereka.

Menyiapkan Konten Berkualitas Tinggi

Sebuah online shop pastinya harus mengupload foto atau juga video. Tanpa foto atau video, maka orang orang tidak akan tau konten apa yang anda post. Ini penting untuk dilakukan dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan semua foto dan video yang anda upload merupakan konten original dan bukan miliki orang lain. Jika anda menjiplak foto orang lain tanpa permisi, ini sangat berbahaya bagi bisnis anda. Orang akan ingin membeli produk yang unik dan juga menjadi kebutuhan untuk mereka. Pastikan juga anda bisa menjual produk seperti ini.

Untuk dapat menjual barang dengan kualitas tinggi, anda juga harus memberikan foto terbaik. Foto blur dan tidak jelas hanya akan membuat para pelanggan tidak tertarik. Mungkin saja anda tidak mempunyai biaya untuk membeli kamera.

Jangan khawatir, karena ada banyak fotografer atua freelancer yang siap untuk membantu anda semua dengan kebutuhan digital. Sewa saja fotografer ini untuk memotret beberapa produk anda. Saat berbisnis, anda pasti harus mengeluarkan uang dan modal. Ini adalah salah satu bentuk dari pengeluaran tersebut.

Menggunakan Hashtag Untuk Viral

Ada beberapa online shop yang beruntung dan menjadi viral dalam hitungan jam. Pastinya produk yang dijual pun harus unik dan disukai oleh jutaan orang. Saat melakukan posting foto, anda bisa menyertakan tagar atau hashtag di bagian captions. Ini akan membawa postingan kalian ke halaman favorit semua orang.

Jika sudah ada banyak yang melihat, maka postingan pun akan naik ke halaman Explore. Sebuah foto terkenal akan langsung masuk ke halaman explore. Banyak bisnis online pun menginginkan popularitas. Dengan alasan itu, mereka pun berlomba lomba untuk mendapatkan likers tinggi. Ini membuat para online shop semakin sukses.

Kualitas Pelayanan Online Shop

Pastikan produk yang dijual sudah bagus sebelum dikirim. Para pelanggan akan sangat menilai kualitas produk anda saat pertama kali membeli produk tersebut. First impression mereka tentang produk yang anda jual juga sangat penting. Itulah mengapa anda harus bisa menyediakan pelayanan terbaik.

Pelayanan biasanya dilihat dari seberapa cepat anda bisa menanggapi pertanyaan para pelanggan. Semua pelanggan akan tidak sabar setelah melihat foto atau video yang anda post. Anda pun harus bertindak cepat supaya pelanggan tersebut tidak kabur karena terlalu lama menunggu.

Batas waktu untuk menunggu bagi para pelanggan adalah sekitar 1 menit hingga 2 jam. Jika anda sudah melewati 2 jam, maka para pelanggan pun sudah mencari online shop lain. Pastikan anda selalu menghidupkan notifikasi supaya bisa mendapatkan pesan dari para pelanggan. Pelanggan pun akan sangat senang dan merasa terhormati jika anda bisa membalas pesan dengan cepat.

Meningkatkan Followers Untuk Menambah Pelanggan

Kredibilitas dan kepercayaan suatu akun Instagram tercerminkan dari angka followers yang dimiliki. Semakin banyak angka followers anda, maka semakin banyak juga orang yang percaya kepada anda. Ini karena para penipu di Instagram terus bertambah jumlahnya. Para pelanggan pun takut akan tipuan dan tidak berani untuk membeli dari sembarang online shop. Online shop di Instagram tidak dibatasi oleh pihak mana pun. Ini berarti anda bisa melakukan transaksi jual beli sesuka anda sendiri.

Banyak jasa follower Instagram bisa anda gunakan untuk menambah jumlah follower Instagram. Menambah follower Instagram sangat aman dan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tentunya cara yang paling efektif dan cepat adalah dengan langsung membeli jasa follower Instagram.

Jumlah followers pun bisa anda pilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Prosedur sangat cepat dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Hati hati saat mencari jasa followers Instagram yang aman. Ada banyak penipuan followers Instagram dan mereka meminta password dari anda. Jadi berhati hatilah saat membeli jasa followers.

Selain itu, ada juga cara mendapatkan followers dengan manual. Cara ini adalah dengan memposting foto atau konten setiap harinya. Ini tidak perlu dilakukan dengan tujuan iklan. Berinteraksi bersama para pelanggan adalah bagian terpenting dari sebuah online shop. Saat para pelanggan merasa dekat dan dipedulikan, mereka akan ingin membeli dari online shop anda.

Cara Mendirikan Online Shop Dengan Mudah

Navigasi pos