cara mendapatkan backlink berkualitas SEO

Ketika berbicara tentang cara mendapat backlink berkualitas untuk SEO website Anda, itu bisa membuat frustasi, karena akan melalui proses yang membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan dedikasi.

Melewati hari-hari SEO penuh perjuangan, di mana Anda harus berjibaku mencari cara mendapatkan backlink dalam jenis apa pun ke website Anda di mana saja di web.

Agar backlink benar-benar berhasil, praktisi SEO dan copywriter harus sadar dan memahami strategi untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Para pakar SEO semua sudah memahami, bahwa dalam upaya Search Engine Optimization (SEO), backlink memberikan cara efektif untuk meningkatkan traffic dan peringkat pencarian mereka di berbagai mesin pencari. Namun sayangnya, tidak semua backlink bernilai sama. Hanya backlink berkualitas tinggi yang dapat menghasilkan SEO terbaik.

Sejak backlink menjadi cara populer untuk meningkatkan peringkat SEO suatu situs, Google telah mengubah cara mereka mengklasifikasikan backlink dan bagaimana mereka memengaruhi peringkat SEO. Ini berarti bahwa untuk membangun backlink sekarang, adalah penting bahwa pemilik situs dan SEO Expert bekerja keras, mencari cara mendapatkan backlink secara organik dari waktu ke waktu.

Apa itu Backlink?

Sederhananya, backlink, juga dikenal sebagai tautan yang bersumber dari situs eksternal. Ini adalah ketika pemilik situs lain menautkan ke situs web Anda di konten mereka. Ini bisa di pos blog, halaman layanan, atau di halaman lain di situs web.

Backlink penting untuk SEO. Ini karena jumlah backlink otentik dan bernilai tinggi yang Anda miliki mendukung kualitas konten di situs web Anda.

Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas itu?

Jika Anda memiliki cukup uang untuk di investasikan, Anda dapat menggunakan layanan profesional penyedia jasa backlink. Maka mereka akan memberi backlink sesuai dengan permintaan Anda.

Namun, jika memilih bekerja sendiri, Anda telah berada dihalaman yang tepat. Tulisan ini akan menjelaskan secara tuntas tentang cara mencapatkan backlink berkualitas untuk SEO.

Meskipun hampir mustahil untuk mengetahui cara kerja algoritma yang digunakan Google dan mesin pencari lainnya untuk memenuhi syarat SEO website Anda, ada beberapa praktik terbaik yang digunakan oleh pemilik dan pengelola situs terbaik di kelasnya, ketika berbicara meningkatkan peringkat SEO. Sekaligus efektif menghasilkan backlink terbaik untuk situs web mereka.

Inilah tips dan trik untuk menghasilkan backlink dan menumbuhkan keberadaan online situs web Anda:

1.Memungkinkan Orang Lain Menghargai Karya Mereka untuk Anda

Dari desainer web hingga copywriter, pengusaha dan bisnis selalu mencari untuk membuat portofolio untuk memamerkan karya terbaik dan terbaru mereka. Seringkali, portofolio ini akan memiliki semacam backlink ke situs Anda agar pemirsa meninjau pekerjaan penyedia layanan.

Tidak hanya mengizinkan backlink dari portofolio membantu meningkatkan bisnis orang yang membantu Anda membuat bisnis Anda lebih baik, tetapi juga membantu Anda tampil lebih tinggi dalam peringkat pencarian Google.

2. Kembangkan Konten yang Dapat Dibagikan

Konten yang dapat dibagikan hanya itu – dapat dibagikan – memberi Anda peluang untuk mendorong keahlian Anda di seluruh Internet dan peluang webstie Anda akan ditautkan ke beberapa halaman web lain.

Apakah Anda memutuskan untuk membuat posting blog yang diteliti dengan baik, e-book yang dapat ditindaklanjuti, atau infografis yang berharga, konten apa pun yang dibagikan dapat didistribusikan dengan ajakan bertindak (CTA) yang meminta pemirsa konten untuk mendistribusikan konten Anda.

Pinterest adalah cara hebat lain untuk menghasilkan backlink. Pastikan bahwa semua posting blog Anda, studi kasus, infografis, dan konten yang dapat dibagikan bernilai tinggi ditautkan ke papan Pinterest Anda. Jika seseorang menemukan karya Anda dan wawasan Anda berharga, ada kemungkinan mereka akan membuat backlink ketika memposting konten di posting blog atau di salah satu halaman web mereka.

Jangkauan awal dapat dilakukan melalui media sosial, menggunakan tagar dan metode lain dari distribusi yang ditargetkan untuk menjangkau orang-orang dalam niche Anda.

3. Backlink dari website Anda Sendiri

Sebagai bentuk lain dari konten yang dapat dibagikan, buat posting yang diteliti dengan baik yang menghubungkan ke konten berharga lainnya yang sesuai dengan ceruk tertentu. Misalnya, membuat posting hitung mundur ke alat CRM favorit Anda atau blog perjalanan memungkinkan Anda untuk menautkan ke konten web yang dikenali, dan menciptakan peluang bagi situs yang dihormati itu untuk membagikan posting Anda dan menautkan kembali ke situs web Anda.

Ini semua tentang mengedepankan upaya terbaik Anda saat bekerja untuk mandapatkan backlink, jadi mengapa tidak memberikan teriakan kepada produk, layanan, atau pembuat konten yang membantu menjadikan kehidupan sehari-hari Anda lebih baik?

Selain itu, Anda dapat memilih untuk melakukan pengumpulan konten sederhana untuk menyusun tips dan trik yang bermanfaat untuk topik atau konsep tertentu.

Jika demikian, Anda dapat menemukan konten yang tepat waktu menggunakan Feedly. Feedly membantu Anda menyortir konten yang tersedia untuk menemukan artikel dan posting blog yang terkait dengan topik atau ceruk tertentu. Coba buat pengumpulan konten seminggu sekali untuk menjaga agar pembaca Anda selalu terbarui dengan topik-topik menarik, dan pastikan untuk menautkan kembali ke semua situs web yang disebutkan.

4. Guest Post

Guest Post atau posting tamu adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan keahlian industri Anda sambil menghasilkan backlink berkualitas tinggi. Sebagian besar situs web dan blog memposting biografi penulis singkat di awal atau akhir setiap posting, memberikan ruang untuk backlink.

Menulis posting tamu tidak hanya memungkinkan Anda untuk menunjukkan pengetahuan Anda, tetapi berkolaborasi dengan orang lain membantu Anda membangun hubungan profesional dan memupuk kepribadian merek. Menjangkau situs web dengan banyak pengikut bisa menakutkan, tetapi akan sangat bermanfaat jika proposal blog tamu Anda akhirnya menjadi sukses!

5. Jaringan Online

Baik Anda seorang wirausaha daring atau pemilik bisnis yang sukses, Anda mungkin telah diberikan saran ini lebih dari sekali: jaringan adalah kunci kesuksesan bisnis.

Sekarang, jaringan telah memasuki dunia digital dengan situs-situs seperti LinkedIn dan Facebook untuk bisnis. Networking membawa lebih banyak manfaat dari sebelumnya, dengan kesempatan untuk memasang posting blog tamu, berbagi konten yang berharga, dan bahkan setuju untuk backlink ke situs web orang-orang yang memiliki hubungan profesional yang erat dalam industri atau niche Anda.

Jaringan dapat bermanfaat bagi semua orang yang terlibat, dan memungkinkan Anda untuk mengerjakan komunikasi profesional dan strategi pengembangan bisnis online Anda.

6. Dapatkan Kreatif

Jika Anda ingin mempercepat proses cara mendapat backlink Anda, sekarang saatnya berkreasi dengan strategi Anda. Konten yang dapat dibagikan adalah usaha bernilai tinggi, pengembalian tinggi, jadi mengapa tidak menggunakan kreativitas Anda untuk memulai proyek baru dan menghasilkan backlink?

Menautkan ke situs web Anda di berbagai platform media sosial sangat membantu, tetapi pastikan Anda menggunakannya dengan hemat, daripada menautkan ke situs Anda di setiap pos yang Anda buat. Jika Anda seorang pakar industri, mengapa tidak menggunakan semua pengetahuan Anda untuk membagikan pekerjaan yang telah Anda lakukan untuk klien lain? Studi kasus dan laporan tentang pekerjaan klien masa lalu atau pengalaman pelanggan dapat dibagikan secara bebas di platform media sosial Anda sambil menunjukkan keahlian dan nilai Anda kepada pelanggan potensial.

Dengan cara yang sama seperti Anda membiarkan desainer dan penyedia layanan digital Anda mempromosikan pekerjaan yang telah mereka lakukan untuk situs web Anda, Anda dapat meminta klien berbagi studi kasus yang Anda kembangkan di proyek mereka untuk dibagikan di akun media sosial mereka. Studi kasus juga bermanfaat ketika Anda berupaya mendapatkan tawaran posting tamu dengan situs web berskala besar, karena ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan pekerjaan Anda dan dengan bangga membagikannya kepada orang lain.

7. Berkolaborasi dalam Proyek Kreatif

Upaya kreatif kolaboratif adalah cara yang bagus dalam cara mendapatkan backlink ke situs web Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas secara bersamaan. Proyek seperti podcast menjadi semakin populer di kalangan kreatif dan pemilik bisnis, karena memungkinkan mereka untuk berbagi keahlian sambil menautkan kembali ke situs web mereka di setiap deskripsi episode.

8. Tetap dengan Niche Anda

Jaringan dan memutuskan untuk bertukar backlink dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat, tetapi hanya jika dilakukan dengan benar. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengenal profesional, bisnis mereka, dan bagaimana konten Anda paling sesuai di situs web mereka. Misalnya, tidak ada gunanya berbagi studi kasus mendalam tentang klien pelatihan di blog pengembangan kepemimpinan jika tidak ada hubungan langsung.

Niche Anda penting ketika membangun backlink, jadi pastikan bahwa praktik berbagi tautan Anda sejajar dengan niche Anda untuk menjaga “catatan” bersih dan meningkatkan peringkat SEO Anda.

9. Melakukan Wawancara

Terlepas dari industri, wawancara diselesaikan secara berkala untuk menghasilkan konten yang dapat dibagikan untuk situs web dan publikasi yang sama. Jika Anda seorang pembicara publik yang baik atau punya waktu untuk mengetik balasan yang bijaksana ke daftar pertanyaan wawancara yang disarankan, taktik ini mungkin merupakan taruhan yang bagus untuk meningkatkan jumlah backlink ke situs web Anda.

Faktor paling penting dalam membangun backlink adalah memastikan bahwa setiap situs web yang Anda tautkan juga didedikasikan untuk konten berkualitas seperti Anda. Meskipun kami tidak tahu kriteria pasti yang mengklasifikasikan situs web sebagai “berkualitas” atau tidak ke Google, sangat mengesankan apa yang dapat dilakukan oleh beberapa backlink bernilai tinggi untuk meningkatkan peringkat SEO Anda.

Kesimpulannya

Menghasilkan backlink dapat menjadi proses yang membosankan, tetapi jika Anda berdedikasi untuk menghasilkan backlink berkualitas tinggi di berbagai situs web dan akun media sosial di niche Anda, Anda dapat tetap berada di “buku bagus” Google dan mengalami peningkatan lalu lintas web dari waktu ke waktu.

Ingat bahwa kualitas situs web Anda sendiri dan konten berjalan jauh dalam membangun hubungan dan menumbuhkan hubungan profesional dengan pemilik situs web lain yang berpotensi akan backlink ke situs web Anda.

Jadikan konten Anda bermanfaat dan dapat ditindaklanjuti, targetkan situs web berperingkat tinggi, dan terus membina hubungan profesional daring untuk menghasilkan jenis tautan balik yang dapat secara positif memengaruhi peringkat SEO Anda.

9 Cara mendapat backlink berkualitas untuk SEO Anda

Navigasi pos