Beragam Bahan Sarung Jok Mobil dan Cara Pemasangan

Aksesori mobil paling dicari ketika akan memodifikasi interior dan eksterior mobil. Salah satunya adalah sarung jok mobil karena dianggap mempengaruhi modifikasi bagian dalam. Memilih sarung jok asal-asalan tentu merugikan karena bahannya tidak nyaman, harga tidak sesuai dan keawetan penggunaan diragukan.

Setelah memodifikasi sarung jok tidak jarang ditemukan penyesal. Pasalnya, usai digunakan beberapa waktu mulai terlihat tanda-tanda kerusakan. Misalnya, kurang empuk, jahitan tidak rapi, mudah kotor, warnanya pudar karena tidak anti sinar UV.

Apabila Anda ingin mendapatkan jok mobil berkualitas perhatikan bahannya terlebih dahulu. Disamping itu, perhatikan juga cara pemasangannya apakah paten, semi paten, atau auto set. Ketika pemasangan tidak sempurna dan masih ada ruang biasanya mempengaruhi pemakaian. 

Alhasil, seat menjadi kurang nyaman, kurang rapi, dan mudah bergeser. Apabila melihat tren dipasaran bahan cover jok mobil yang populer hanya kulit sintetis dan kulit asli. Faktanya bahan sarung atau cover ini beragam teksturnya dan harga jok mobil yang dibanderol bervariasi. Agar tidak salah pilih simak ulasan berikut ini, check this out ya!

Macam-macam Bahan Sarung Jok Mobil

Rata-rata orang hanya mementingkan harga dan motif dari jok mobil. Namun, hanya sebagian yang memilih karena bahan yang digunakan berkualitas dan menciptakan kenyamanan. Terutama kaum hawa seringkali tergiur harga miring dan motif yang dinilai cantik. Ayo kenali bahan-bahan dari sarung jok supaya Anda tidak menyesal dikemudian hari.

  1. Bahan nylon adalah bahan yang sejenis kain fabric dan banyak dijual dipasaran. Tampilan bahan nylon untuk sarung jok memang cukup trendy dan harga ditawarkan juga bersahabat. Sayangnya, kekurangan dari bahan nylon ini mudah kotor akibat tertumpah cairan dan terkena debu.
  2. Bahan polyester disebut-sebut sebagai cover jok yang peminatnya banyak. Bahan satu ini juga tercampur dengan sedikit kulit sintetis sehingga awet digunakan. Banyak dipilih masyarakat karena harga yang ditawarkan terjangkau dan cara perawatannya mudah atau dapat dilakukan sendiri.
  3. Bahan vinil merupakan salah satu bahan yang cara membersihkannya praktis dan mudah. Bahkan saat ada kotoran dan noda menempel gampang dihilangkan, cukup dengan air bersih dan lap kering.
  4. Bahan kulit imitasi yakni berasal dari kulit sintetis. Menyoal harga yang ditawarkan cukup murah dan cara merawatnya juga mudah. Ditinjau dari tekstur permukaan sarung jok juga awet karena elastis dan anti air. Adapun brand cover jok mobil populer di Indonesia adalah Mbtech, edelweiss, dan lederlux.
  5. Bahan kulit asli dapat menjadi pilihan apabila Anda memiliki budget banyak. Cover jok kulit asli ini dijamin membuat tampilan lebih elegan. Dapat dikatakan sangat cocok bagi yang menyukai nuansa mewah dan klasik. Satu set cover jok berbahan kulit asli biasanya ditawarkan dengan harga jauh lebih mahal dibanding bahan lainnya.
  6. Bahan kain biasanya disajikan dengan berbagai desain lucu dan karakter unik. Disamping itu, umumnya cover kain juga gampang dilepas pasang. Cara perawatannya tidak perlu ke salon aksesoris mobil karena dapat dilakukan sendiri. Seperti cuci kering lalu dipakai. Ada juga cover kain dengan bulu-bulu yang membuat kesan interior lebih cantik.

3 Cara Memasang Sarung Jok Mobil

Sebaiknya pemasangan cover jok mobil dilakukan oleh para profesional. Intip 3 cara pemasangan jok mobil yang umumnya diaplikasikan.

1. Auto Set Cover

Pertama melalui metode pemasangan auto set cover alias mudah lepas pasang kapan pun. Auto set cover sebenarnya rumit karena Anda memasangnya sendiri. Disamping itu, pemilik mobil juga wajib memastikan karet perekat dari cover jok mobil merekat dengan sempurna di sambungan seat mobil.

Harga yang ditawarkan untuk seperangkat auto set cover juga bervariasi dan cenderung murah. Uniknya auto set cover menampilkan berbagai motif yang dapat dipilih. Contohnya motif karakter kartun, abstrak, ramai, hingga klasik. Auto set cover menjadi rekomendasi terbaik jika Anda ingin menggonta-ganti sarung jok setiap waktu.

2. Cover Jok Mobil Paten

Selanjutnya ada cover jok mobil yang dipasang secara paten. Cara pemasangan satu ini terbilang autentik karena memodifikasi cover jok mobil secara menyeluruh. Disamping itu, cara pemasangannya hanya dapat dilakukan oleh profesional dan menggunakan alat khusus.

Biasanya cover jok mobil paten dipasangkan dengan sangat mendetail agar hasilnya maksimal. Menyoal segi estetika yang ditampilkan setelah memasang jok paten dinilai lebih cantik, kuat, dan sangat rapi. 

Uniknya setelah diganti dengan jok mobil paten tidak ketahuan karena bentuknya serupa dengan jok bawaan dari pabrik. Ciri-ciri dari jok paten yakni berkualitas, tebal, lembut, padat, dan sangat nyaman digunakan.

3. Cover Jok Mobil Semi Paten

Pilihan lainnya yang layak diaplikasikan adalah cover jok semi paten. Banyak yang memilih semi paten karena dapat dilepas pasang sewaktu-waktu. Namun, ketika memasang jok mobil satu ini harus kuat dan mengikuti lengkungan agar tidak mudah bergeser.

Pemasangan jok semi paten sebaiknya dilakukan oleh ahlinya karena membutuhkan teknik khusus. Disamping itu, untuk terlihat rapi, rata, dan tanpa ganjalan juga membutuhkan bantuan peralatan pendukung. 

Bedanya dengan cover jok paten dilihat dari cara pemasangannya. Jok mobil semi paten ini langsung ditimpa diatas cover jok asli. Jadi tidak ada penggantian melainkan penambahan. Sarung jok semi paten ini dijal dengan harga terbilang mahal tetapi dibawah harga jok paten.

Harga Sarung Jok Mobil Murah, Pilihan Tepat?

Jok mobil berkualitas sudah banyak ditawarkan oleh pasaran. Namun, pernahkan Anda membeli dengan harga jok mobil murah. Sebenarnya tidak ada salahnya membeli produk murah asalkan kualitas terjamin. Meskipun murah Anda juga wajib mempertimbangkan merek cover jok mobil karena mempengaruhi keawetan penggunaan bertahun-tahun.

Serba-serbi bahan sarung jok mobil wajib diketahui sebelum dibeli. Pasalnya, akan mempengaruhi kenyamanan dan keawetan saat digunakan. Terutama cara memasangnya wajib rapi baik itu melalui cara paten, semi paten, dan auto set. Segera kunjungi website resmi Jok Mobil Murah (https://www.jokmobilmurah.com) untuk melihat rekomendasi terbaik.

Beragam Bahan Sarung Jok Mobil dan Cara Pemasangan

Navigasi pos